Hari Penglihatan Sedunia, Rehabilitasi agar Mandiri

Para penyandang tunanetra masih mengalami diskriminasi dalam berbagai ruang kehidupan. Untuk itu, perlu ada upaya rehabilitasi disertai peningkatan akses pendidikan serta teknologi informasi dan komunikasi bagi penyandang tunanetra.

Menurut Tolhas Damanik, konselor dari Yayasan Mitra Netra, dalam diskusi mengenai masalah kebutaan di Indonesia yang diprakarsai bank Standard Chartered untuk memperingati Hari Penglihatan Sedunia di Jakarta, Kamis (4/10) petang, secara tidak sadar masyarakat mendiskriminasikan tunanetra karena memfokuskan pada kelemahannya. “Rasa kasihan malah membuat tunanetra tidak berdaya dan dianggap tidak produktif,” ujarnya.

Untuk memandirikan penyandang tunanetra, kata Direktur Eksekutif Yayasan Mitra Netra Bambang Basuki, menambahkan, perlu adanya upaya rehabilitasi. Hal ini untuk mengurangi atau menghilangkan dampak ketunanetraannya. Salah satu upaya rehabilitasi adalah konseling untuk memulihkan keseimbangan jiwanya dan memahami hakikat ketunanetraannya, terutama pada penyandang tunanetra yang mengalami kebutaan pada usia dewasa. Upaya semacam itu diperlukan agar mereka tidak menjadi manusia tanpa harapan.

Orientasi mobilitas

Rehabilitasi itu juga dilakukan dengan pelatihan orientasi dan mobilitas agar dapat bergerak dan melakukan kegiatan dengan aman. Adapun pelatihan dan peralatan atau layanan khusus untuk mengakses informasi bagi orang dengan kemampuan penglihatan rendah perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi sisa penglihatan, seperti pembesaran huruf atau gambar, kontras dan pencahayaan.

Akses pendidikan bagi kalangan tunanetra juga perlu dibuka, baik di sekolah luar biasa maupun reguler. Akan tetapi, di sekolah reguler, para penyandang tunanetra butuh layanan advokasi dan pendampingan belajar. (EVY) Kompas

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: